SILABUS PERKULIAHAN
DAN
SATUAN MATERI SAJIAN
DISUSUN
O
L
E
H
Drs. ANTONI, MHI
MATA KULIAH :
FIQH II
KODE MATA KULIAH :
STATUS MATA KULIAH: MPK
FAKULTAS AGAMA ISLAM
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PELEMBANG
T.A 2014/2015
RANCANGAN MUTU PERKULIAHAN (RMP)
1. IDENTITAS MATA
KULIAH :
1.1. Nama Mata Kuliah :
Fiqh II
1.2.
Kode Mata Kuliah :
1.3.
Status Mata Kuliah : MPK
1.4.
Jumlah SKS : 2 Sks
1.5.
Jenjang Studi : Strata
1
1.6. Semester/
Thn. Akademi : VI /
2014/2015
1.7.
Jurusan : Ahwal Al-Syakhsiyah
1.8.
Fakultas : Agama Islam
1.9.
Universitas : Muhammadiyah Palembang
2. DESKRIPSI MATA
KULIAH :
Deskripsi Mata kuliah Fiqh I ini ialah gambaran tentang isthinbat hukum ulama fiqh yang berdasarkan nash al-Qur’an dan al-Hadits yang berhubungan dengan masalah
pokok dalam mu’amalah,
Jinayat, dan Syiasah.
3. MANFAAT
MATA KULIAH
Manfaat Mata kuliah Hadits Ahkam I ini untuk
mahasiswa adalah
a.
Mahasiswa
memiliki pengetahuan tentang isthinbat
hukum ulama fiqh yang berdasarkan nash al-Qur’an dan al-Hadits yang
berhubungan dengan masalah Mu’amalat.
b.
Mahasiswa
memiliki pengetahuan tentang isthinbat
hukum ulama fiqh yang berdasarkan nash al-Qur’an dan al-Hadits yang
berhubungan dengan masalah Jinayat.
c.
Mahasiswa
memiliki pengetahuan tentang isthinbat
hukum ulama fiqh yang berdasarkan nash al-Qur’an dan al-Hadits yang
berhubungan dengan masalah Syiasah.
4. TUJUAN MATA
KULIAH
Setelah memngikuti Perkuliahan, Mahasiswa
diharapkan dapat :
- Mahasiswa mampu memahami isthinbat hukum ulama fiqh yang berdasarkan nash al-Qur’an dan al-Hadits yang berhubungan dengan masalah Mu’amalat.
- Mahasiswa mampu memahami isthinbat hukum ulama fiqh yang berdasarkan nash al-Qur’an dan al-Hadits yang berhubungan dengan masalah Jinayat.
- Mahasiswa mampu memahami isthinbat hukum ulama fiqh yang berdasarkan nash al-Qur’an dan al-Hadits yang berhubungan dengan masalah Syiasah.
4. TUJUAN UMUM
Setelah mengikuti
materi ini diharapkan dapat :
- Menjelaskan tentang isthinbat hukum ulama fiqh yang berdasarkan nash al-Qur’an dan al-Hadits yang berhubungan dengan masalah Mu’amalat.
- Menjelaskan tentang isthinbat hukum ulama fiqh yang berdasarkan nash al-Qur’an dan al-Hadits yang berhubungan dengan masalah Jinayat.
- Menjelaskan tentang isthinbat hukum ulama fiqh yang berdasarkan nash al-Qur’an dan al-Hadits yang berhubungan dengan masalah Syiasah.
5. STRATEGI PENGAJARAN
5.1. Susunan Materi
PERTEMUAN KE-1
a.
Pokok Bahasan : Kontrak Perkuliahan
b.
Sub Pokok Bahasan :
1)
Ta’aruf inter-personal dosen
dan mahasiswa
2)
Penjelasan tentang Silabus dan
SAP
3)
Penjelasan tentang Sistem
Penilaian
4)
Penjelasan tentang Metode
Perkuliahan
5)
Penjelasan tentang Tata tertib
Perkuliahan
6)
Pembagian Kelompok Diskusi
PERTEMUAN KE-2
a. Pokok Bahasan : Fiqh tentang Mu’amalat.
b. Sub Pokok Bahasan :
1) Fiqh tentang Jual beli yang
baik
2) Fiqh tentang larangan dalam
jual beli
c. Anatomi Teks :
1)
Teks
al-Qur’an dan al-Hadits
2)
Mufradat
3)
Asbabun
Nuzul dan Asbab al-Wurud
4)
Istinbath
Ahkam
5)
Khulasoh
d. Metode :
a) Mevaluasi Hasil Diskusi
b)
Memperbaiki Mekalah
c) Mengumpulkan Perbaikan Makalah
PERTEMUAN KE-3
a. Pokok Bahasan : Fiqh tentang Mu’amalat.
b. Sub Pokok Bahasan :
1) Fiqh tentang Khiyar dalam
jual beli
2) Fiqh tentang jual beli ijon
c. Anatomi Teks :
1) Teks al-Qur’an dan al-Hadits
2) Mufradat
3) Asbabun Nuzul dan Asbab al-Wurud
4) Istinbath Ahkam
5) Khulasoh
d. Metode :
a)
Mevaluasi Hasil Diskusi
b)
Memperbaiki Mekalah
c)
Mengumpulkan Perbaikan Makalah
PERTEMUAN KE-4
a. Pokok Bahasan : Fiqh tentang Mu’amalat.
b. Sub Pokok Bahasan :
1) Fiqh tentang Riba’
2) Fiqh tentang Kredit
c. Anatomi Teks :
1) Teks al-Qur’an dan al-Hadits
2) Mufradat
3) Asbabun Nuzul dan Asbab al-Wurud
4) Istinbath Ahkam
5) Khulasoh
d. Metode :
a)
Mevaluasi Hasil Diskusi
b)
Memperbaiki Mekalah
c)
Mengumpulkan Perbaikan Makalah
PERTEMUAN KE-5
a. Pokok Bahasan : Fiqh tentang Mu’amalat.
b. Sub Pokok Bahasan :
1) Fiqh tentang Monopoli dan
Oligopoli.
2) Fiqh tentang Mekanisme
Pasar.
c. Anatomi Teks :
1) Teks al-Qur’an dan al-Hadits
2) Mufradat
3) Asbabun Nuzul dan Asbab al-Wurud
4) Istinbath Ahkam
5) Khulasoh
d. Metode :
a)
Mevaluasi Hasil Diskusi
b)
Memperbaiki Mekalah
c)
Mengumpulkan Perbaikan Makalah
PERTEMUAN KE-6
a. Pokok Bahasan : Fiqh tentang Mu’amalat.
b. Sub Pokok Bahasan :
1) Fiqh tentang Investasi.
2) Fiqh tentang Saham.
c. Anatomi Teks :
1) Teks al-Qur’an dan al-Hadits
2) Mufradat
3) Asbabun Nuzul dan Asbab al-Wurud
4) Istinbath Ahkam
5) Khulasoh
d. Metode :
a)
Mevaluasi Hasil Diskusi
b)
Memperbaiki Mekalah
c)
Mengumpulkan Perbaikan Makalah
PERTEMUAN KE-7
UJIAN TENGAH SEMESTER
PERTEMUAN KE-8
a. Pokok Bahasan : Fiqh tentang Jinayat.
b. Sub Pokok Bahasan :
1) Fiqh tentang Larangan
Membunuh.
2) Fiqh tentang Hukum Qishosh.
c. Anatomi Teks :
1) Teks al-Qur’an dan al-Hadits
2) Mufradat
3) Asbabun Nuzul dan Asbab al-Wurud
4) Istinbath Ahkam
5) Khulasoh
d. Metode :
a)
Mevaluasi Hasil Diskusi
b)
Memperbaiki Mekalah
c)
Mengumpulkan Perbaikan Makalah
PERTEMUAN KE-9
a. Pokok Bahasan : Fiqh tentang Jinayat.
b. Sub Pokok Bahasan :
1) Fiqh tentang Mencuri.
2) Fiqh tentang
c. Anatomi Teks :
1) Teks al-Qur’an dan al-Hadits
2) Mufradat
3) Asbabun Nuzul dan Asbab al-Wurud
4) Istinbath Ahkam
5) Khulasoh
d. Metode :
a) Mevaluasi Hasil Diskusi
b)
Memperbaiki Mekalah
c)
Mengumpulkan
Perbaikan Makalah
d)
PERTEMUAN KE-10
a. Pokok Bahasan : Fiqh tentang Jinayat.
b. Sub Pokok Bahasan :
1) Fiqh tentang Berzina.
2) Fiqh tentang Anak Zina.
c. Anatomi Teks :
1) Teks al-Qur’an dan al-Hadits
2) Mufradat
3) Asbabun Nuzul dan Asbab al-Wurud
4) Istinbath Ahkam
5) Khulasoh
d. Metode :
a)
Mevaluasi Hasil Diskusi
b)
Memperbaiki Mekalah
c)
Mengumpulkan Perbaikan Makalah
PERTEMUAN KE-11
a. Pokok Bahasan : Fiqh tentang Syiasah.
b. Sub Pokok Bahasan :
1) Fiqh tentang Memilih
Pemimpin
2) Fiqh tentang Taat kepada
Pemimpin
c. Anatomi Teks :
1) Teks al-Qur’an dan al-Hadits
2) Mufradat
3) Asbabun Nuzul dan Asbab al-Wurud
4) Istinbath Ahkam
5) Khulasoh
d. Metode :
a)
Mevaluasi Hasil Diskusi
b)
Memperbaiki Mekalah
c)
Mengumpulkan Perbaikan Makalah
PERTEMUAN KE-12
a. Pokok Bahasan : Fiqh tentang Syiasah.
b. Sub Pokok Bahasan :
1) Fiqh tentang Meminta
Jabatan.
2) Fiqh tentang Amanah dalam
Memimpin.
c. Anatomi Teks :
1) Teks al-Qur’an dan al-Hadits
2) Mufradat
3) Asbabun Nuzul dan Asbab al-Wurud
4) Istinbath Ahkam
5) Khulasoh
d. Metode :
a)
Mevaluasi Hasil Diskusi
b)
Memperbaiki Mekalah
c)
Mengumpulkan Perbaikan Makalah
PERTEMUAN KE-13
a. Pokok Bahasan : Fiqh tentang Syiasah.
b. Sub Pokok Bahasan :
1) Fiqh tentang Musyawarah.
2) Fiqh tentang Otoritas
Pemimpin.
c. Anatomi Teks :
1) Teks al-Qur’an dan al-Hadits
2) Mufradat
3) Asbabun Nuzul dan Asbab al-Wurud
4) Istinbath Ahkam
5) Khulasoh
d. Metode :
a)
Mevaluasi Hasil Diskusi
b)
Memperbaiki Mekalah
c)
Mengumpulkan Perbaikan Makalah
PERTEMUAN KE-14
a. Pokok Bahasan : Fiqh tentang Syiasah.
b. Sub Pokok Bahasan :
1) Fiqh tentang Pemimpin yang
memperhatikan kesejahteraan Rakyat.
2) Fiqh tentang Pemimpin yang
Zhalim.
c. Anatomi Teks :
1) Teks al-Qur’an dan al-Hadits
2) Mufradat
3) Asbabun Nuzul dan Asbab al-Wurud
4) Istinbath Ahkam
5) Khulasoh
d. Metode :
a)
Mevaluasi Hasil Diskusi
b)
Memperbaiki Mekalah
c)
Mengumpulkan Perbaikan Makalah
PERTEMUAN KE-15
a. Pokok Bahasan : Fiqh tentang Syiasah.
b. Sub Pokok Bahasan :
1) Fiqh tentang Orang kafir
menjadi Pemimpin.
2) Fiqh tentang
c. Anatomi Teks :
1)
Teks
al-Qur’an dan al-Hadits
2) Mufradat
3) Asbabun Nuzul dan Asbab al-Wurud
4)
Istinbath
Ahkam
5) Khulasoh
d. Metode :
a)
Mevaluasi Hasil Diskusi
b)
Memperbaiki Mekalah
c)
Mengumpulkan Perbaikan Makalah
PERTEMUAN KE-16
UJIAN AKHIR SEMESTER
5.2. Metode Penyajian dan Pengendalian
Sebagaimana dilihat pada
STRATEGI PERKULIAHAN (S1) di atas, metode penyajian dan pengendalian mutu perkuliahan adalah
sebagai berikut :
a. Metode penyajian
-
Presentasi
Makalah
-
Diskusi
kelompok
-
Tanya
Jawab
-
Komentar
atau Penjelasan Dosen Pengampu
b. Metode Pengendalian
-
Tugas/Pekerjaan
rumah (TR)
-
Ujian
Tengah Semester (UTS)
-
Ujian
Akhir Semester (UAS)
5.3. Evaluasi
a. Kemampuan mahasiswa
1. Oleh Dosen
2. Oleh Mahasiswa sendiri
3. Alat Evaluasi
b. Proses
Perkuliahan, Dosen, Prasarana
1. Oleh Mahasiswa
2. Oleh Dosen sendiri
3. Oleh Ketua Jurusan/Program
studi
4. Alat Evaluasi :
-
Ceklis
-
Angket
-
Skala
Nilai
c. Nilai Akhir
1.
Kemampuan
Mahasiswa:
Rumus
NA= 2 x TR + 3 x UTS + 5 x UAS
10
2.
Proses
Perkuliahan, Dosen dan sarana didasarkan pada hasil ceklis, angket dan skala
nilai.
3.
Mutu Perkuliahan, didasarkan
pada poin 1 dan 2
5.4. Sumber Materi Perkuliahan dan Alat Bantu
1. Sumber materi Perkuliahan :
a. Buku Teks
b. Buku Pendukung
2. Alat Bantu :
a. Poewr Point
b. LCD
c. Alat dan bahan administrasi
kelas
6.
DOSEN PENANGGUNG JAWAB MATA KULIAH
6.1. Dosen Penanggung Jawab
:
6.2. Asisten
1.
Tafsir
2.
Hadits
3.
wahbah al zuhaili, Fiqhul Islam wa Adillatuhu
4.
Sayyid Sabiq, Fiqh Sunnah
5.
Ibn Rusyd, Bidayatul Mujtahid
6.
Abdurrahman al Jaziri, Fiqh Madzahib
7.
Al-Arba’ah Imam Taqiyuddin, Kifaatul Akhyar
8.
Al Jurjani, Hikmah al Tasyri’ wa Falsafatuhu
Palembang, 29 September 2014
Tidak ada komentar:
Posting Komentar